APA ITU BATU MARMER

 

Pengertian batuan marmer 

Salah satu jenis batuan yang ada di Bumi adalah batu marmer. Batuan marmer ini merupakan salah satu jenis batuan metamorf atau malihan, dimana proses terbentuknya batu marmer ini karena diakibatkan oleh proses metamorfosis batu kapur atau batu gamping. Batu marmer seringkali kita temukan sebagai batu yang menghiasi rumah, sebagai batu yang digunakan untuk lantai, dinding, bahkan furniture seperti meja, bangku, dan lain sebagainya.

Alasan mengapa batu marmer ini seringkali dipilih sebagai batu penghias rumah adalah karena batu ini mempunyai tampilan yang sangat indah. Marmer mempunyai corak atau pola tertenu dan mempunyai beragam warna yang mengombinasinya, hal inilah yang membuat marmer indah dan cocok digunakan sebagai bahan untuk dekorasi bagunan. Selain itu juga karena batu marmer mempunyai sifat yang tanah lama dan juga mudah dipahat.

Di Indonesia, tentu banyak sekali daerah – daerah penghasil batu marmer, di antaranya adalah : Aceh, Lampung, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Lebih spesifik lagi adalah, di tiap – tiap daerah tentu ada banyak sekali supplier – supplier batu marmer yang sangat terkenal. Salah satunya adalah fagetti, dimana Fagetti sebagai supplier marmer utama di Indonesia merupakan supplier batu marmer yang sangat bonafit dan terpercaya serta terkenal di Indonesia.

Banyak sekali pemborong atau pengusaha property di Indonesia sangat mempercayai Fagetti sebagai supplier marmer untuk kebutuhan usahanya. Bahkan di tiap – tiap daerah banyak sekali pengusaha – pengusaha yang merekomendasikan Fagetti sebagai jaminan kualitas nomer 1.

 

Adapun ciri – ciri batu marmer yang berkualitas adalah :

Sebagai salah satu jenis batu alam, dan salah satu jenis batuan metamorf atau malihan, batu marmer ini mempunyai ciri khusus yang membedakannya dengan jenis batu lain. Beberapa jenis dari batu marmer adalah sebagai berikut:

  1. Mempunyai struktur batu yang kompak.
  2. Gugusan kristal yang ada di batu marmer relatif sama dengan tekstur halur sampai yang agak kasar.
  3. Pada umumnya marmer tersusun atas mineral kalsit dengan mineral minor lainnya seperti mika, klhorit, kuarsa, dan jenis silikat lainnya seperti graphit, hematit, dan juga limorit.
  4. Mempunyai nilai komersil atau ekonomi yang bergantung pada warna dan tekstur batu tersebut.
  5. Terpengaruh oleh porositas, kekuatan regangan, dan kekuatan terhadap cuaca.

Itulah beberapa ciri yang melekat pada batu marmer yang akan membedakannya dengan jenis batuan yang lainnya.

Perbedaan Batu Marmer, Granit Asli dan Buatan

 

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa dipasaran kini sudah banyak terdapat batu marmer granit buatan atau yang lebih dikenal dengan granitile atau granito. Namun, mungkin anda belum mengetahui apa perbedaan dari batu marmer granit asli dengan batu marmer granit buatan karena secara kasat mata keduanya memang tampak sama, baik secara bentuk atau pun dari coraknya. Berikut penjelsan mengenai perbedaan batu marmer granit asli dengan batu marmer granit buatan :

  1. CORAK

Mungkin bagi sebagian orang awam, corak dari batu marmer granit asli dan batu marmer granit buatan terlihat sama, namun jika anda lebih teliti anda akan mengetahui perbedaannya. Batu marmer granit asli pada setiap lembarannya akan berbeda seratnya, sedangkan yang buatan dalam satu box anda akan menjumpai corak yang sama persis karna memang dari hasil buatan manusia.

  1. UKURAN

Untuk batu marmer granit asli biasanya ukuran pelebarannya jauh lebih besar sekitar 1,5 x 2,5 ada juga yang mencapai 4m2 , ketebalannya lebih kurang 2 cm. Sedangkan untuk yang buatan setiap lembarannya memiliki ukuran kecil dan merata sekitar 60 x 60 dengan ketebalan 1,2 cm.

  1. KETAHANAN

Batu mermer granit asli memiliki daya tahan yang lebih tinggi dari batu marmer granit buatan, namun batu marmer granit asli memilki daya serap yang lebih tinggi dari yang buatan, karena itu anda harus lebih berhati-hati dalam penggunaannya, hindari menumpahkan cairan pada permukaan batu marmer granit alami.

 

Cara Simpel Merawat Marmer

Marmer dan granit banyak digunakan sebagai material lantai dan furnitur. Merawat marmer dengan cermat membuat marmer lebih tahan lama dan tetap kinclong. Berikut ini beberapa cara yang dilakukan untuk merawat marmer.

Segera bersihkan tumpahan air pada marmer, terutama tumpahan dari air yang berwarna, semisal teh, kopi, atau jenis minuman bersoda lainnya. Membiarkan tumpahan air pada marmer akan meninggalkan noda pada marmer.

Gunakan coating secara rutin setiap 3-6 bulan sekali sesuai dengan kebutuhan. Coating ini berfungsi untuk melapisi marmer sebagai pelindung dari lumut dan kotoran.

Biasakan untuk menggunakan tatakan gelas pada minuman panas. Gelas berisi air panas tanpa tatakan akan meninggalkan noda putih melingkar pada marmer.

Gunakan jeruk nipis dan garam. Campurkan kedua bahan ini kemudian gosokkan pada bagian marmer yang bernoda secara perlahan. Setelah noda menghilang, Anda dapat mencucinya dengan sabun khusus pembersih marmer dan bilas dengan air kemudian keringkan.

Buat campuran pasta dari soda kue dan air. Gosokkan pada marmer, kemudian diamkan selama beberapa menit baru kemudian dibersihkan dengan air hangat.

Tutupi marmer yang bernoda dengan kapas yang sudah diberikan H202 atau bayclin, kemudian tutupi dengan plastik. Cek setiap 2 jam, jika sudah benar-benar hilang Anda cukup membersihkannya dengan air hangat. Jangan sampai didiamkan melebihi 24jam. Cairan ini dapat membuat material menjadi rapuh.

Pel lantai Anda dengan menggunakan cairan pembersih lantai, biarkan mengering kemudian oleskan krim yang biasa digunakan untuk memoles mobil Anda pada lantai kemudian diamkan beberapa saat. Setelah itu gosok dengan spons (biasanya spons cuci piring berwarna hijau). Bersihkan sisa krim dengan sapu. Ulangi langkah ini setiap 2 bulan sekali agar marmer Anda tetap kinclong.

Jangan sekali-kali menggunakan pelitur untuk membersihkan noda karena akan merusak warna asli marmer. Gunakan jasa tenaga ahli yang paham seputar perawatan marmer dan katalisasi.

http://trensitus.com/2020/02/fagetti-sebagai-supplier-marmer-utama-di-indonesia/